DEKLARASI KOMITMEN BERSAMA DALAM MENCIPTAKAN KABUPATEN PONOROGO LAYAK ANAK TAHUN 2019, YANG DISELENGGARAKAN PADA HARI KAMIS TANGGAL 25 APRIL 2019 BERTEMPAT DI GEDUNG LANTAI II BAPPEDA LITBANG KABUPATEN PONOROGO YANG DIHADIRI OLEH FORKOPIMDA, SELURUH KEPALA OPD SERTA CAMAT DAN INSTANSI YANG TERKAIT. ADAPUN SAMBUTAN YANG DIBERIKAN OLEH BUPATI PONOROGO 

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. 

YANG SAYA HORMATI

1.       YTH. SDR. FORKOPIMDA KABUPATEN PONOROGO.

2.       YTH. SDR.WAKIL BUPATI PONOROGO

3.       YTH. SDR.SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PONOROGO.

4.       YTH.PARA KEPALA SKPD KABUPATEN PONOROGO

5.       YTH. CAMAT SE KABUPATEN PONOROGO

6.       YTH. SDR.DIREKTUR RSUD DR. HARJONO

7.       YTH. SDR. KEPALA KEMENTERIAN AGAMA

8.       YTH.SDR. KETUA IKATAN DOKTER INDONESIA (IDI)

9.       YTH. SDR KETUA IKATAN BIDAN INDONESIA (IBI)

10.    YTH.PARA DIREKTUR BANK BUMN MAUPUN SWASTA.

11.       YTH. SDR. DIREKTUR ALGHEINS

12.    YTH. SDR KEPALA SMPN 5

13.    YTH. SDR. KEPALA SDN MANGKUJAYAN I

14.    YTH, SDR. KEPALA SD MUHAMMADIYAH

15.    YTH.PARA WARTAWAN BAIK MEDIA CETAK MAUPUN ELEKTRONIK.

16.    YTH.SDR. KETUA FORUM ANAK PONOROGO

 

17.    YTH. HADIRIN DAN TAMU UNDANGAN SEKALIAN

PUJI SYUKUR KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA YANG TELAH MENGANUGERAHKAN BERBAGAI KENIKMATAN DAN KESEMPATAN KEPADA KITA SEMUA, PADA HARI INI KITA BERSAMA-SAMA DAPAT MENGIKUTI KEGIATAN

DEKLARASIKOMITMEN BERSAMADALAM MENCIPTAKAN KABUPATEN PONOROGO LAYAK ANAK (KLA)TAHUN 2019.

PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI KAMI UCAPKAN SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA BAPAK-BAPAK DAN IBU-IBU YANG HADIR PADA ACARA PAGI HARI INI YAKNI DEKLARASIKOMITMEN BERSAMA DALAM MENCIPTAKANKABUPATEN PONOROGO LAYAK ANAK .

 

UNDANGAN YANG KAMI HORMATI,

SEPERTI KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA PEMERINTAH MELALUI KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TELAH MENDESAIN DAN MENSOSIALISASIKAN SEBUAH SISTEM DAN STRATEGI PEMENUHAN HAK-HAK ANAK YANG TERINTEGRASI DAN BERKELANJUTAN DENGAN MENGEMBANGKAN KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK (KLA).

KEBIJAKAN KLA BERTUJUAN UNTUK MENSINERGIKAN SUMBER DAYA PEMERINTAH, MASYARAKAT DAN DUNIA USAHA SEHINGGA PEMENUHAN HAK-HAK ANAK INDONESIA DAPAT LEBIH DIPASTIKAN. KEBIJAKAN INI MERUPAKAN IMPLEMENTASI DARITINDAK LANJUT KOMITMEN DUNIA MELALUI, DIMANA PEMERINTAH INDONESIA JUGA TURUT MENGADOPSINYA.

 

SAYA INGIN SEKALI LAGI MENGGARISBAWAHI POIN TERPENTING DARI PROSES PENGEMBANGAN KLA, YAITU KOORDINASI DI ANTARA PARA STAKEHOLDER PEMENUHAN HAK-HAK ANAK YANG DILAKUKAN SECARA BERKESINAMBUNGAN DAN BERKELANJUTAN. OLEH KARENA ITU, KAMI SANGAT BERHARAP PENGUATAN KOORDINASI PARA STAKEHOLDERS DAPAT TERUS DITINGKATKAN DAN TERUS MELAKUKAN KOORDINASI SECARA RUTIN. KARENA ANAK ADALAH INVESTASI KITA DI MASA YANG AKAN DATANG, MAKA MENJADI KEWAJIBAN KITA BERSAMA UNTUK MENJADIKANNYA LEBIH BERKUALITAS, SEHINGGA MEREKA AKAN MENJADI MODAL PEMBANGUNAN. UNTUK ITU, PERAN SELURUH PEMANGKU KEPENTINGAN – PEMERINTAH, MASYARAKAT DAN DUNIA USAHA – HARUS BAHU-MEMBAHU UNTUK DAPAT MEWUJUDKANNYA.

Kabupaten/Kota Sehat merupakan program nasional yang harus dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota dalam rangka mewujudkan kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk dengan cara terselenggaranya tatanan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.  Dengan adanya program Kabupaten/Kota Sehat diharapkan dapat pula meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sesuai dan sejalan dengan dinamika dan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Pada tahun 2018 Kabupaten Ponorogo telah lolos verifikasi tingkat provinsi kategori swasti saba wistara dengan mengajukan 6 (enam) tatanan, yaitu : Kawasan Permukiman Sarana dan Prasarana Umum, Ketahanan Pangan dan Gizi , Kehidupan Masyarakat yang Mandiri , Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, Kawasan Pariwisata Sehat , dan Kehidupan Sosial yang Sehat.

Pada tahun 2019, Kabupaten Ponorogo akan mengikuti Verifikasi Kabupaten/ Kota Sehat untuk kategori Swasti Saba Wistara Tingkat Nasional. Verifikasi dilakukan dalam 2 (dua) tahapan yaitu Bedah Dokumen dan Kunjungan Lapangan. Dokumen akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Tim Pembina Provinsi sebelum dikirim ke Pusat.  Tim Pembina Pusat akan melakukan verifikasi lapangan apabila dinyatakan lolos verifikasi dokumen.

Dalam rangka penyusunan Dokumen Kabupaten Sehat Kabupaten Ponorogo, maka Tim Pembina Kabupaten Ponorogo Sehat bersama Forum Kabupaten Ponorogo Sehat melakukan Pembinaan Panitia Pelaksana Kecamatan Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa/ Kelurahan Sehat se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2019. Pada Tahun 2019 terjadi peningkatan jumlah pokja desa/ kelurahan sehat dibandingkan tahun sebelumnya, seluruh kecamatan telah terbentuk 21 Forum Kecamatan Sehat dan dari 307 desa telah terbentuk 291 pokja desa/ kelurahan desa sehat.

 

Poin terpenting dari program Kabupaten Ponorogo Sehat yang telah berjalan yaitu koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

Rapat Koordinasi Sub Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak dalam rangka persiapan Evaluasi Kabupaten Layak Anak Kabupaten Ponorogo, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 bertempat di Aula Bappeda Litbang Kabupaten Ponorogo.

Rapat yang dipimpin  oleh Kabid Sosial Budaya Badan nPerencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Ponorogo dalam rangka koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah  membahas kabupaten layak anak , rapat ini dilaksanakan  dalam rangka persiapan evaluasi kabupaten layak anak tahun 2019, evaluasi kabupaten layak anak yang sebelumnya dilaksanakan 2 tahun sekali mulai tahun 2018 karena seringnya terjadi kekerasan terhadap anak maka untuk evaluasi kabupaten layak anak diadakan tiap tahun dan untuk tahun 2019  kita sudah mulai pelaksanaan yakni pada bulan maret tepatnya pada tanggal 11-15 maret 2019 dengan dimulai pada tahapan untuk  pengiriman aplikasi kemudian  tanggal 16 maret-5 april tahap penilaian mandiri yakni penginputan data oleh masing-masing Kabupaten se Indonesia .Untuk pengisian atau penginputan data ini diharapkan kerjasamanya dari masing-masing anggota sub gugus tugas dalam pemenuhan terkait data maupun dokumen yang dibutuhkan untuk pengisian tersebut.

Penginputan atau pengisian data kita harus saling kerjasama dengan membentuk Tim sub gugus tugas yang terdiri dari 5 klaster dengan dipimpin oleh satu orang penanggungjawab klaster. Diantaranya klaster 1 yakni :

Klaster Hak Sipil dan Kebebasan ( terdiri dari Akta Kelahiran, Informasi layak Anak,Partisipasi Anak) klkaster II Klaster Lingkungan Keluarga dan pengasuhan alternative meliputi Perkawinan anak, lembaga konsultasi anak bagi orang tua dan keluarga , lembaga Pengasuhan alternative, instruktur ramah anak.

Klaster ke III Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan ( persalinan dan Faskes, Frevalensi dan gizi , pemberian makan bayi dan anak, fasilitas kesehatan pelayanan ramah anak,air minum dan sanitasi ,kawasan tanpa rokok).

Klaster IV Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Seni Budaya ( HIM –PAUD –WAJAR 12 tahun, SRA,Perlindungan khusus anak).

Klaster V Perlindungan Khusus ( korban kekerasan dan ekploitasi,korban pornografi dan situasi darurat ,penyandang disabilitas ,APB,Terorisme , Stikma /Pelabelan).

Demikian yang disampaikan oleh narsum dari dinas social pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam pertemuan koordinasi kabupaten layak anak  tahun 2019.

 

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Ponorogo menggelar Musrenbang Kabupaten untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 pada hari Selasa tanggal 19 Maret 2019 di Gedung Sasana Praja Ponorogo.

Musrenbang Kabupaten merupakan lanjutan dari rangkaian pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan yang sudah dilaksanakan pada bulan Desember 2018 dan musrenbang Kecamatan yang sudah dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2019 sampai 14 Februari 2019.

Musrenbang Kabupaten Ponorogo dipimpin langsung oleh Bupati Ponorogo Bapak Drs.H.IPONG MUCHLISSONI dan di hadiri oleh Kepala Biro Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah Ibu Indah Wahyuni, SH, MSi. Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya Bapak Bupati menyampaikan arahan bahwa program prioritas pembangunan Kabupaten Ponorogo Tahun 2020 adalah “ Penguatan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah dan Produk Unggulan “

Musrenbang Kabupaten Ponorogo merupakan suatu proses perencanaan yang diamanahkan dalam Permendagri 86 Tahun 2017, dimana sebelumnya sudah dilakukan konsultasi publik yang dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2019. Konsultasi publik merupakan penyampaian program prioritas pembangunan beserta tema pembangunan Kabupaten Ponorogo tahun 2020 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2020.

Masukan dan usulan dari musrenbang Kecamatan dan Konsultasi Publik kemudian di pertajam di Forum Perangkat Daerah yang  merupakan proses sinkronisasi dan finalisasi usulan program kegiatan prioritas dengan usulan program kegiatan prioritas Perangkat Daerah 

 

 
Page 1 of 12
You are here:   HomeBerita

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.