Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Bupati dan Pimpinan DPRD tentang KUA dan PPAS APBD Kabupaten Ponorogo Tahun Anggaran 2014

06-09-2013 Ditulis oleh 

Dalam  penyusunan  APBD Tahun 2014 diperlukan kebijakan umum  APDB sebagai dasar penyusunan prioritas dan plafon anggaran sementara APBD dalam bentuk nota kesepakatan antara DPRD Kabupaten Ponorogo dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo,  yang akan dijadikan  dasar dalam  penyusunan rancangan peraturan daerah tentang  APBD tahun 2014. Hal ini merupakan wujud konsistensi terhadap amanat Pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah yang pelaksanaannya berpedoman kepada peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah yang telah diubah kedua kalinya dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 21 tahun 2011 serta berpedoman pula pada peraturan menteri dalam negeri nomor 27 tahun 2013 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2014.

  

Penyusunan kebijakan umum  APBD serta penetapan prioritas dan plafon anggaran sementara  APBD tahun 2014 tidak hanya mengacu pada kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah melalui penjaringan aspirasi masyarakat maupun  mekanisme perencanaan pembangunan yang melahirkan dokumen perencanaan daerah, tetapi juga memperhatikan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah Propinsi Jawa Timur. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga sinergitas dan konsistensi kebijakan pembangunan antara kebijakan pemerintah pusat, kebijakan pemerintah propinsi dan kebijakan pemerintah daerah guna menyamakan persepsi,penajaman prioritas dalam mendukung agenda pembangunan sehingga dapat disepakati kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2014, yang dijadikan sebagai dasar penetapan program prioritas dan target-target kinerja rencana strategis yang akan dicapai. Karena itu perlu di sepakati  dalam bentuk nota kesepakatan  yang ditandatangani antara kepala daerah dan pimpinan dprd mengenai kebijakan umum apbd dan prioritas dan plafon anggaran sementara apbd kabupaten ponorogo ta 2014 yang telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 september 2014 di gedung DPRD Kabupaten Ponorogo.

 

Kebijakan pembangunan Kabupaten Ponorogo tahun 2014  adalah difokuskan pada peningkatan daya tahan ekonomi, peningkatan daya saing, peningkatan dan perluasan kesejahteraan rakyat yang didukung oleh pemantapan stabilitas politik dengan menitik beratkan pada isu-isu strategis yang harus ditangani disegala bidang. Oleh karena itu program - program prioritas diarahkan guna memperkuat perekonomian daerah dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, peningkatan ketahanan pangan dalam upaya mendukung pembangunan ekonomi dibarengi dengan peningkatan pelayanan publik yang efektif, efisien dan akuntabel disamping tetap melanjutkan program pembangunan multy years yang telah disepakati bersama. Hal ini sesuai dengan tema dalam RKPD tahun 2014 yaitu “ memperkuat perekonomian daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat ponorogo yang lebih baik menuju Rahayuning Bumi Reyog.

 

Harapannya semoga dokumen kebijakan umum  APBD tahun 2014 serta prioritas dan plafon anggaran sementara APDB tahun 2014 ini dapat dipakai sebagai dasar penyusunan dan pembahasan rancangan  APBD tahun 2014.

 

 

 

 

Baca 1386 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaPenandatanganan Nota Kesepakatan antara Bupati dan Pimpinan DPRD tentang KUA dan PPAS APBD Kabupaten Ponorogo Tahun Anggaran 2014

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.