KOMITMEN MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK KABUPATEN PONOROGO





      Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mempunyai Visi yaitu terwujudnya kesetaraan gender, dan Misi adalah mewujudkan kebijakan yang responsif gender dan peduli anak untuk meningkatkan kualitas hidup dan perlindungan perempuan, serta memenuhi hak tumbuh kembang dan melindungi anak dari tindak kekerasan. Sesuai dengan visi kementerian, tema perlindungan anak menjadi salah fokus kementerian saat ini dalam mewujudkan misi dalam pelaksanaan program dan kegiatannya.
     Dalam upaya perlindungan anak untuk menjamin, melindungi, dan pemenuhan hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi maka salah satu kegiatan Kementerian PPPA dalam merespons isu gender terkait perempuan (ibu) dan anak adalah kegiatan pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak sesuai dengan yang tertuang pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.
     Pemerintah Kabupaten Ponorogo menanggapi positif dan bersinergi dengan Kementerian PPPA untuk membentuk Kabupaten Ponorogo Layak Anak, mengingat jumlah anak pada Tahun 2013 adalah sekitar 28,8% dari jumlah penduduk Kabupaten Ponorogo yang mencapai 863.900 Jiwa (BPS, Tahun 2013) dengan permasalahan yang kompleks. Keberadaan anak ini diharapkan mampu memberikan aspirasi juga pertimbangan dalam melaksanakan program/kegiatan pembangunan yang berpihak pada hak-hak anak.
     Perjuangan pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan Ponorogo Kabupaten Layak Anak sebenarnya sudah tercanangkan sejak Tahun 2011 karena melihat fenomena pentingnya perhatian pemerintah terhadap perempuan dan anak maka pada Tahun 2011 terbentuklah Paguyuban Anak Ponorogo dengan SK Bupati Nomor 814 Tahun 2011 tentang Pembentukan Paguyuban Anak Ponorogo di Kabupaten Ponorogo dan telah diperbaruhi melalui Keputusan Bupati Ponorogo Nomor 188/1011/405.25/2013 tentang Perubahan atas Keputusan Bupati Ponorogo Nomor 814 Tahun 2011 tentang Pembentukan Paguyuban Anak Ponorogo, yang mewadahi aspirasi anak dalam berbagai bidang termasuk ranah kebijakan yang memperhatikan kepentingan anak.
     Maraknya kasus kekerasan dan perdagangan manusia/trafficking terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Ponorogo, semakin menguatkan Pemerintah Daerah untuk membuat SK Bupati Ponorogo Nomor 379 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Fasilitasi Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan ( P2PT2) Kabupaten Ponorogo pada Tahun 2012. Dengan harapan adanya Tim Panitia Pelaksana Fasilitasi P2PT2 tersebut dapat bekerja untuk menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Ponorogo.
Baca 497 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaKOMITMEN MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK KABUPATEN PONOROGO

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.