PEMBENTUKAN FORUM CSR DI KABUPATEN PONOROGO
      Seiring dengan semangat otonomi yang semakin menggeliat untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat di daerah, bertumbuh juga semangat berbagai pihak untuk memberikan sumbangsih dalam konteks percepatan pembangunan daerah. Salah satu yang paling sering digadang-gadang sebagai sebuah terobosan pembangunan berbasis kemitraan adalah program corporate social responsibilty (CSR). Pendekatan CSR merupakan perwujudan kepedulian sekaligus tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan maupun yang berada di wilayah/daerah bersangkutan.
     Dalam konteks pembangunan daerah yang bertanggung jawab dengan basis perencanaan yang terstruktur dan terukur untuk mewujudkan visi dan misi daerah maupun kepala daerah, telah diberlakukan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Rencana Pembangunan Daerah. Permendagri ini merupakan pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyusun dan menetapkan dokumen rencana pembangunan daerah dan rencana SKPD yang terdiri dari RPJPD, RPJMD, Renstra SKPD , RKPD dan Renja SKPD. Pada proses penyusunan dokumen tersebut, keterlibatan pemangku kepentingan sebagai wujud pendekatan partisipatif, termasuk keterlibatan perusahaan dalam mensinergikan program CSRnya menjadi bagian penting dan strategis untuk dioptimalkan. Untuk mengoptimalkan pendekatan tersebut, diperlukan petunjuk teknis yang memberi acuan tentang bagaimana dan apa langkah yang perlu dilakukan untuk mensinergikan program pemerintah daerah dan perusahaan melalui program CSR.
     Hal ini bertujuan untuk memberikan acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan dalam mensinergikan program yang terintegrasi antara program pemerintah daerah dengan program yang diinisiasi oleh perusahaan. Forum musrenbang, forum konsultasi publik dan forum SKPD merupakan wadah strategis yang dapat dioptimalkan dalam rangka mensinergikan program CSR tersebut. Selain itu, masyarakatpun dihimbau untuk berperan lebih aktif dalam menyukseskan terselenggaranya program CSR.
Baca 1113 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaPEMBENTUKAN FORUM CSR DI KABUPATEN PONOROGO

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.