MUSRENBANG RPJMD KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2016 - 2021
      Setelah selesainya Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Ponorogo dan menghasilkan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo terpilih Masa Bhakti 2016 – 2021 Bapak Drs. H. IPONG MUCHLISSONI dan Drs. H. SOEDJARNO, MM, maka salah satu Tahapan selanjutnya yang penting untuk segera dilaksanakan adalah Menyusun Suatu Perencanaan Jangka Menengah Daerah yang merupakan penjabaran dari Visi dan Misi Bupati Ponorogo dalam jangka waktu 6 (enam) bulan pertama Masa Kerjanya.
      Perencanaan Jangka Menengah dimaksud adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ponorogo Tahun 2016 – 2021 untuk mewujudkan kemajuan daerah, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat maka perlu didukung dengan pengelolaan pembangunan yang partisipatif, tatanan pemerintahan yang jujur, terbuka, bertanggung-jawab, dan demokratis serta tatanan masyarakat yang perlu dikembangkan ke dalam mekanisme yang memberikan peluang peran serta masyarakat dalam proses pengambilan keputusan bagi kepentingan bersama. Di dalam RPJMD tersebut berisi Visi dan Misi Kepala Daerah Terpilih, Isu-isu Strategis, Tujuan, Program Unggulan, Indikator Kinerja Utama, dan Indikator Kinerja Daerah selama lima tahun ke depan.Salah satu tahapan di dalam penyusunan RPJMD adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Ponorogo Tahun 2016 – 2021. Pelaksanaan penyusunan RPJMD pada tahun ini merupakan Penyusunan RPJMD Periode ke III dari RPJPD Kabupaten Ponorogo Tahun 2005 - 2025. Tema Musrenbang RPJMD Tahun 2016 - 2021 yang disampaikan dalam Paparan Bupati Ponorogo yang dilanjutkan oleh Bapak Wakil Bupati Ponorogo Drs. H. Soedjarno, MM yaitu Ponorogo Berbenah! Ponorogo Lebih Maju, Berbudaya dan Religius. Tema selama lima tahun ke depan ini terbagi dalam tahapan-tahapan pencapaian yaitu di Tahun 2016 sebagai tonggak pertama adalah Mewujudkan Ponorogo yang Lebih Sejahtera, Mandiri dan berdaya Saing; di Tahun 2017 adalah Pembenahan Infrastruktur dan Modernisasi Pertanian melalui pengembangan produk pertanian organik; di Tahun 2018 adalah Peningkatan Infrastruktur dan pengembangan agribisnis Organik yang didukung oleh SDM berkualitas; di Tahun 2019 adalah Pengembangan pariwisata berbasis alam, budaya, religi, dan agro industri yang didukung oleh infrastruktur yang kuat; di Tahun 2020 adalah Penguatan ekonomi berbasis potensi daerah dan produk unggulan; dan di Tahun 2021 yang merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD ini adalah Peningkatan kesejahteraan rakyat berbasis nilai-nilai agama dan budaya. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan Paparan dari Narasumber Bappeprov Jawa Timur dan Bappenas Jakarta.
      Peserta Musrenbang RPJMD yang hadir di tahun ini dari seluruh komponen masyarakat dan kehadiran Seluruh Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten Ponorogo memberikan tambahan semangat. Di dalam pelaksanaan Musrenbang RPJMD Tahun 2016 - 2021menurut Ketua DPRD Bapak Ali Mufti, S.Ag. nantinya dibutuhkan Strategi yang Bagus untuk Mencapai Perencanaan Program Pembangunan yang sesuai kebutuhan masyarakat Ponorogo. Peserta Musrenbang yang hadir meliputi : unsur Forpimda, Bappenas, Bapperov Jatim, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD, Kepala Badan/ Dinas/ Kantor/ Direktur BUMN/ Direktur BUMD/ Bagian dan Kecamatan/ Kelurahan / Desa, Instansi Vertikal, Kepala Bappeda Kabupaten/ Kota Tetangga, Perbankan, Direktur Rumah Sakit Swasta, Organisasi Profesi, Organisasi Masyarakat, Organisasi Wanita, Rektor perguruan Tinggi, Senat dan BEM Perguruan Tinggi, LSM dan Wartawan/ Media Massa, serta Asosiasi Jasa Konstruksi. Dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkenan hadir Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur Bapak DR. Ir. H. RB Fattah Jasin, MS. beserta jajarannya dan Kepala Bakorwil I Madiun.
Baca 2099 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaMUSRENBANG RPJMD KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2016 - 2021

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.