RAPAT KOORDINASI SUB GUGUS TUGAS KABUPATEN LAYAK ANAK 2019

29-03-2019 Ditulis oleh 

Rapat Koordinasi Sub Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak dalam rangka persiapan Evaluasi Kabupaten Layak Anak Kabupaten Ponorogo, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 bertempat di Aula Bappeda Litbang Kabupaten Ponorogo.

Rapat yang dipimpin  oleh Kabid Sosial Budaya Badan nPerencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Ponorogo dalam rangka koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah  membahas kabupaten layak anak , rapat ini dilaksanakan  dalam rangka persiapan evaluasi kabupaten layak anak tahun 2019, evaluasi kabupaten layak anak yang sebelumnya dilaksanakan 2 tahun sekali mulai tahun 2018 karena seringnya terjadi kekerasan terhadap anak maka untuk evaluasi kabupaten layak anak diadakan tiap tahun dan untuk tahun 2019  kita sudah mulai pelaksanaan yakni pada bulan maret tepatnya pada tanggal 11-15 maret 2019 dengan dimulai pada tahapan untuk  pengiriman aplikasi kemudian  tanggal 16 maret-5 april tahap penilaian mandiri yakni penginputan data oleh masing-masing Kabupaten se Indonesia .Untuk pengisian atau penginputan data ini diharapkan kerjasamanya dari masing-masing anggota sub gugus tugas dalam pemenuhan terkait data maupun dokumen yang dibutuhkan untuk pengisian tersebut.

Penginputan atau pengisian data kita harus saling kerjasama dengan membentuk Tim sub gugus tugas yang terdiri dari 5 klaster dengan dipimpin oleh satu orang penanggungjawab klaster. Diantaranya klaster 1 yakni :

Klaster Hak Sipil dan Kebebasan ( terdiri dari Akta Kelahiran, Informasi layak Anak,Partisipasi Anak) klkaster II Klaster Lingkungan Keluarga dan pengasuhan alternative meliputi Perkawinan anak, lembaga konsultasi anak bagi orang tua dan keluarga , lembaga Pengasuhan alternative, instruktur ramah anak.

Klaster ke III Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan ( persalinan dan Faskes, Frevalensi dan gizi , pemberian makan bayi dan anak, fasilitas kesehatan pelayanan ramah anak,air minum dan sanitasi ,kawasan tanpa rokok).

Klaster IV Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Seni Budaya ( HIM –PAUD –WAJAR 12 tahun, SRA,Perlindungan khusus anak).

Klaster V Perlindungan Khusus ( korban kekerasan dan ekploitasi,korban pornografi dan situasi darurat ,penyandang disabilitas ,APB,Terorisme , Stikma /Pelabelan).

Demikian yang disampaikan oleh narsum dari dinas social pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam pertemuan koordinasi kabupaten layak anak  tahun 2019.

 

 

Baca 109 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaRAPAT KOORDINASI SUB GUGUS TUGAS KABUPATEN LAYAK ANAK 2019

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.