Pembinaan Panitia Pelaksana Kecamatan Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa/ Kelurahan Sehat se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2019

25-03-2019 Ditulis oleh 

Kabupaten/Kota Sehat merupakan program nasional yang harus dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota dalam rangka mewujudkan kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk dengan cara terselenggaranya tatanan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.  Dengan adanya program Kabupaten/Kota Sehat diharapkan dapat pula meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sesuai dan sejalan dengan dinamika dan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Pada tahun 2018 Kabupaten Ponorogo telah lolos verifikasi tingkat provinsi kategori swasti saba wistara dengan mengajukan 6 (enam) tatanan, yaitu : Kawasan Permukiman Sarana dan Prasarana Umum, Ketahanan Pangan dan Gizi , Kehidupan Masyarakat yang Mandiri , Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, Kawasan Pariwisata Sehat , dan Kehidupan Sosial yang Sehat.

Pada tahun 2019, Kabupaten Ponorogo akan mengikuti Verifikasi Kabupaten/ Kota Sehat untuk kategori Swasti Saba Wistara Tingkat Nasional. Verifikasi dilakukan dalam 2 (dua) tahapan yaitu Bedah Dokumen dan Kunjungan Lapangan. Dokumen akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Tim Pembina Provinsi sebelum dikirim ke Pusat.  Tim Pembina Pusat akan melakukan verifikasi lapangan apabila dinyatakan lolos verifikasi dokumen.

Dalam rangka penyusunan Dokumen Kabupaten Sehat Kabupaten Ponorogo, maka Tim Pembina Kabupaten Ponorogo Sehat bersama Forum Kabupaten Ponorogo Sehat melakukan Pembinaan Panitia Pelaksana Kecamatan Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa/ Kelurahan Sehat se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2019. Pada Tahun 2019 terjadi peningkatan jumlah pokja desa/ kelurahan sehat dibandingkan tahun sebelumnya, seluruh kecamatan telah terbentuk 21 Forum Kecamatan Sehat dan dari 307 desa telah terbentuk 291 pokja desa/ kelurahan desa sehat.

 

Poin terpenting dari program Kabupaten Ponorogo Sehat yang telah berjalan yaitu koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

Baca 197 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaPembinaan Panitia Pelaksana Kecamatan Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa/ Kelurahan Sehat se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2019

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.