Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa Desa Praringan Kecamatan Jenangan

23-06-2013 Ditulis oleh 
Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa Desa Praringan Kecamatan Jenangan Puskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa Desa Praringan Kecamatan Jenangan

Merupakan tempat pengobatan penderita sakit jiwa ini terletak ±15 km dari pusat Kota Ponorogo, dengan nama PUSKESMAS PEMBANTU KESEHATAN JIWA. Seiring dengan visi misi di Kabupaten Ponorogo Cipto, Roso, Karso, Rahayuning Bumi Ponorogo bahwa pemerintah Kabupaten Ponorogo sangat peduli dengan kondisi masyarakat yang terganggu kejiwaannya, ini dibuktikan bahwa di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo telah berdiri Pustu (Puskesmas Pembantu) untuk pengobatan penderita sakit jiwa. Dengan berjalannya waktu bahwa pustu ini telah melayani banyak penderita sakit jiwa, tidak hanya masyarakat Ponorogo saja, akan tetapi ada yang dari Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Trenggalek.

 

Keberadaan Pustu itu sendiri untuk penderita sakit jiwa masih bersifat rawat jalan namun demikian Pemerintah Kabupaten Ponorogo akan meningkatkan menjadi rawat inap sekarang masih tahap proses. Dengan semakin banyaknya penderita sakit jiwa yang berobat ke Pustu ini maka dipandang perlu dibangun tambahan gedung untuk memperlancar kenyamanan  bagi penderita yang berobat, serta kenyamanan bagi para medis yang ada.

 

Melihat perkembangan Pustu Paringan ini dengan semakin banyaknya penderita gangguan jiwa maka tenaga medis yang ada harus ada penambahan, dikarenakan di Pustu ini untuk tenaga para medis sangat terbatas. Dengan keterbatasan tenaga yang ada, maka pelayanan terhadap pasien yang begitu banyak sampai melampaui batas waktu kerja namun demikian pelayanan terhadap pasien itu dilayani sampai maksimal.

 

Kedepannya pemerintah Kabupaten Ponorogo akan mencanangkan Pustu Paringan menjadi Rumah Sakit Jiwa, dikarenakan  semakin banyaknya penderita sakit jiwa yang berobat ke Pustu Paringan tersebut. Ini juga didukung dari pemberitaan yang positif dari pers lokal maupun nasional tentang keberhasilan pustu Desa Paringan Kabupaten Ponorogo yang menangani penderita gangguan kejiwaan yang setiap harinya ada 50 sampai dengan 70 pasien yang berobat walaupun masih terbatasnya tenaga para medis dan tenaga yang diperlukan lainnya, akan tetapi pelayanan yang diberikan kepada pasien dari lokal maupun dari luar kabupaten amat sangat maksimal dan memuaskan.

 

Peran serta Pemerintah Kabupaten Ponorogo perlu diacungi jempol karena sangat peduli dengan berdirinya pustu kesehatan jiwa yang sangat diperlukan oleh masyarakat yang membutuhkan, begitu juga dengan masyarakat  Kabupaten Ponorogo yang  sangat  mendukung dengan program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo.  

 

 

 

 

Baca 2446 kali
Taksir item ini
(0 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaPuskesmas Pembantu Kesehatan Jiwa Desa Praringan Kecamatan Jenangan

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.