Rencana Tapak Kawasan Wisata Telaga Ngebel

23-06-2013 Ditulis oleh 
Objek Wisata Telaga Ngebel Objek Wisata Telaga Ngebel

Potensi wisata di Kabupaten Ponorogo, berupa kekayaan dan keindahan alam, secara umum belum dimanfaatkan secara optimal. Guna mendapatkan nilai tambah yang besar, potensi obyek dan daya tarik wisata perlu digali, dilindungi, dikelola dan dimanfatkan secara berdaya dan berhasil guna secara terpadu, menyeluruh, terencana, dan berkesinambungan. Berdasarkan pertimbangan bahwa kawasan wisata akan mampu berfungsi sebagai generator perkembangan ekonomi wilayah sekitarnya, maka diperlukan perencanaan yang baik untuk menangani perkembangan di atas.

 

Secara kuantitas maupun kualitas wisata alam Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo memiliki modal untuk dikembangkan pada skala regional maupun nasional dan sekaligus sebagai salah satu simpul penyebaran aktivitas wisata dan pemerataan pendapatan masyarakat. Kajian ini diperlukan salah satunya untuk mengidentifikasi secara mendalam, seberapa besar potensi yang dimiliki serta mengkaitkannya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas.

 

Perencanaan Tapak Kawasan Wisata Telaga Ngebel, merupakan upaya pengembangan potensi wisata Telaga Ngebel yang khas/khusus untuk ditonjolkan dan dipromosikan, serta menunjukkan nilai-nilai potensial kawasan sehingga dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Selain itu, upaya ini dapat digunakan untuk mendorong perkembangan wisata yang merupakan aspirasi dari masyarakat yang menghendaki adanya usaha serius dari pemerintah dan pihak swasta untuk pengembangan potensi wisata. Sehingga secara langsung atau tidak langsung, pengembangan pariwisata ini akan memberikan dampak positif berupa peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar dengan munculnya usaha multiplier effect.

Faktor-faktor yang mempengaruhi skala prioritas dalam pengembangan pariwisata, yaitu :

  • 1. Motifasi kunjungan wisata
  • 2. Aksesibilitas
  • 3. Potensi dan aset wisata
  • 4. Tingkat keintiman masyarakat
  • 5. Pelayanan umum
  • 6. Peranan pemerintah
  • 7. Peranan swasta

 

Secara linkage system, aktivitas wisata kawasan Wisata Telaga Ngebel terkait dengan ruang yang lebih makro yaitu Wisata Kawasan Gunung Wilis, dan juga wisata-wisata lain di Kabupaten Ponorogo sedangkan secara mikro akan terkait dengan pola sirkulasi di dalam obyek wisata Ngebel itu sendiri.

 

Pengembangan obyek wisata Telaga Ngebel ini juga bisa digunakan untuk mendorong pengembangan sektor-sektor yang lain, yaitu membuka kesempatan kerja/ lapangan usaha baru bagi warga sekitar obyek wisata dan warga Kabupaten Ponorogo secara umum, untuk memasarkan hasil industri rumah tangga dan kerajinan yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Ponorogo.

 

 

 

Baca 1900 kali
Taksir item ini
(2 pilihan)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.

You are here:   HomeBeritaBerita BappedaRencana Tapak Kawasan Wisata Telaga Ngebel

BAPPEDA Kabupaten Ponorogo
Jl Alun-Alun Utara No 09 Ponorogo
0352 - 481845
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.